Arus Kas atau Cash Flow


Arus Kas atau Cash Flow adalah gambaran mengenai jumlah uang yang masuk (cash in flow) dan jumlah uang yang keluar (cash out flow). Arus kas atau cash flow dalam keuangan keluarga sedikit berbeda dengan cash flow dalam perusahaan.
Dalam keuangan keluarga, cash flow yang dimaksud adalah cash flow sesuai dengancash basis. Sebagai informasi, dalam bisnis atau perusahaan dikenal cash basis danaccrual basis.
  • Cash Flow yang positif berarti: penghasilan Anda lebih besar dari pada pengeluaran.
  • Cash Flow yang negatif berarti: penghasilan Anda lebih kecil dari pada pengeluaran.
Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh keluarga atau individu adalah permasalahan mengurus keuangan, alias kesalahan dalam mengurus cash flow. Aliran arus kas yang dimiliki orang pada umumnya adalah seperti pada gambar berikut ini:
Definisi Arus Kas atau Definisi Cashflow adalah 01 - Finansialku
Penghasilan bulanan setelah dibayar pajak dan potongan, langsung digunakan untuk bayar cicilan dan utang. Setelah itu baru untuk biaya-biaya rumah tangga dan sisanya disisihkan untuk ditabung dan investasi.
Menurut kami, Finansialku.com menyisihkan uang adalah pekerjaan yang sangat berat. Lebih mudah jika Anda memprioritaskan penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan. Di Finansialku.com kami membagi komponen cash flow seperti pada gambar berikut ini:
Definisi Arus Kas atau Definisi Cashflow adalah 02 - Finansialku
Penghasilan setelah pajak dan potongan, digunakan untuk berdonasi (beramal, membayar Zakat atau Perpuluhan). Berdonasi adalah salah satu kewajiban sebagai umat beragama dan sebagai wujud syukur kita.
Setelah itu langsung prioritaskan untuk tabungan dan investasi serta membayar premi asuransi. Sisanya baru digunakan untuk bayar utang dan cicilan serta pengeluaran rumah tangga.
Dengan mengubah urutan tersebut, sebagian besar permasalahan keuangan Anda akan cepat terselesaikan.
Jika Anda amati lebih dalam, maka Anda menemukan dua jenis cash flow, yaitu
  • Pemasukan (cash in flow): uang masuk ke dalam rekening atau dompet Anda.
  • Pengeluaran (cash out flow): uang keluar dari rekening atau dompet Anda.
3 Jenis Pemasukan dalam Cash Flow Individu dan Keluarga
Dilihat dari jenisnya, penghasilan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu penghasilan aktif, penghasilan dari keuntungan investasi dan penghasilan pasif. Ketiganya memiliki definisi, peran dan manfaat yang berbeda.
Definisi Arus Kas atau Definisi Cashflow adalah 03 - Finansialku
  • Penghasilan Aktif adalah penghasilan yang didapatkan karena seseorang bekerja menukarkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mendapatkan uang. Contoh gaji, bonus, tunjangan, fee, honor, komisi dan lain sebagainya.
  • Penghasilan Hasil Investasi adalah penghasilan yang didapatkan karena uang Anda bekerja menghasilkan pemasukan. (Jadi uang bekerja untuk mendapatkan tambahan uang). Contoh penghasilan dari bunga deposito, penghasilan dari keuntungan penjualan saham, penghasilan dari dividen saham, keuntungan dari kupon obligasi dan lain sebagainya.
  • Penghasilan Pasif adalah penghasilan yang didapatkan karena aset Anda bekerja menghasilkan pemasukan. (Jadi aset bekerja untuk mendapatkan uang). Contoh penghasilan dari uang sewa rumah tahunan, penghasilan dari royalty musik, penghasilan, penghasilan dari iklan di website dan lain sebagainya.

2 Jenis Pengeluaran dalam Cash Flow Individu dan Keluarga

Pengeluaran secara umum dibedakan menjadi dua jenis yaitu pengeluaran produktif dan pengeluaran konsumtif.
  • Pengeluaran produktif adalah pengeluaran yang bertujuan untuk membeli aset (baik aset kertas maupun aset nyata).
  • Pengeluaran konsumtif adalah pengeluaran yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup (baik keinginan maupun kebutuhan).
Perhatikan gambar di bawah ini:
Definisi Arus Kas atau Definisi Cashflow adalah 04 - Finansialku
Bagaimana Cara Mengatur Cash Flow atau Arus Kas Keluarga dan Pribadi?
Mulailah dengan mindset dan ketekunan pribadi untuk membuat catatan keuangan, seperti anggaran keuangan rumah tangga (household budgeting) dan catatan keuangan harian. Anda dapat mulai mencatat keuangan dan merencanakan keuangan dengan menggunakan Aplikasi.Finansialku.com.
  • Anggaran keuangan rumah tangga, memiliki 4 fungsi utama sebagai: alat untuk merencanakan, alat untuk mengawasi, alat untuk berkomunikasi dengan pasangan dan alat untuk mengerem pengeluaran.
  • Mencatat Keuangan bertujuan agar kita dapat mengetahui berapa uang yang sudah masuk dan uang yang sudah keluar. Kemudian bandingkan antara pemasukan dan pengeluaran bulanan.

Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan keuangan Anda (financial health check up) dengan mengetahui cash flow. Dalam prakteknya, Finansialku.com menggunakan 3 rasio keuangan utama dan penting. Ketiganya dapat Anda ketahui dengan Cash Flow. Ketiga rasio tersebut adalah:
  1. Rasio Tabungan: Rasio yang membandingkan antara jumlah uang yang ditabung atau diinvestasikan terhadap pemasukan seseorang. Nilai idealnya adalah minimal 20%. Lebih besar dari 20% berarti lebih baik.
  2. Rasio Pembayaran Cicilan: Rasio yang membandingkan kemampuan seseorang melunasi atau membayar tagihan, dibandingkan dengan penghasilan. Nilai idealnya adalah maksimal 35%. Lebih dari 35% adalah angka yang buruk (terlebih jika Anda utang konsumtif).
  3. Rasio Pendapatan Pasif: Rasio yang membandingkan antara pendapatan pasif dengan total pendapatan seseorang. Angka yang ideal adalah minimal 50%. Lebih besar dari 50% berarti lebih baik.
Laporan arus kas terdiri dari 2 macam aliran yaitu:
Cash Inflow
Cash inflow merupakan aliran kas yang diakibatkan dari kegiatan transaksi yang menciptakan keuntungan kas. Cash inflow dapat terdiri dari:
§  Hasil penjualan dari produk maupun jasa perusahaan
§  Hasil dari penagihan piutang pada penjualan kredit
§  Hasil penjualan aktiva tetap yang telah ditentukan
§  Hasil penerimaan investasi dari pemilik maupun saham apabila perseroan terbatas
§  Hasil pinjaman atau hutang dari pihak lain
§  Hasil penerimaan pendapatan lain dan sewa
Cash Outflow
Cash outflow merupakan aliran kas yang terdiri dari berbagai macam transaksi yang dapat mengakibatkan beban pengeluaran kas. Cash outflow dapat terdiri dari:
§  Hasil pengeluaran biaya tenaga kerja langsung, bahan baku dan biaya perusahaan lainnya
§  Hasil pengeluaran administrasi penjualan dan administrasi umum
§  Hasil pembelian dari aktiva tetap
§  Hasil pembayaran hutang-hutang pada perusahaan
§  Hasil pembayaran kembali dari investasi si pemilik usaha
§  Hasil pembayaran sewa, bunga, pajak, deviden dan biaya pengeluaran lainnya.
Suatu laporan cash flow memberikan suatu informasi yang saling berkaitan antara penerimaan dan pengeluaran dana kas pada suatu perusahaan saat periode tertentu dengan melakukan pengklasifikasian transaksi berdasarkan kegiatan operasi, pendanaan dan investasi.
Aktivitas Operasi
Aktivitas ini menciptakan pendapatan dan beban yang berasal dari operasi utama pada suatu perusahaan, maka dari itu aktivitas operasi akan mempengaruhi laporan laba rugi yang telah dilaporkan dengan dasar secara akrual. Sedangkan laporan cash flow melaporkan dampaknya terhadap kas. Pengumpulan kas dari langganan akan menciptakan cash inflow terbesar dari operasi. Penerimaan bunga yang berdasarkan pinjaman dan dividen atas investasi saham merupakan cash flow yang kurang penting. Untuk cash outflow dari operasi dapat meliputi pembayaran terhadap karyawan dan pemasok serta pembayaran pajak dan bunga.
Aktivitas Investasi
Aktivitas Investasi dapat meningkatkan dan juga dapat menurunkan jenis aktiva jangka panjang yang telah digunakan pada perusahaan dalam melakukan kegiatannya. Penjualan atau pembelian aktiva tetap seperti gedung, tanah maupun peralatan merupakan kegiatan investasi atau dapat juga berupa penjualan atau pembelian investasi untuk saham maupun obligasi dari perusahaan lainnya. Pada laporan cash flow kegiatan investasi mencakup lebih dari sekedar penjualan dan pembelian aktiva yang telah di golongkan sebagai investasi yang ada pada neraca. Pemberian pinjaman juga merupakan salah satu kegiatan investasi yang disebabkan oleh pinjaman yang dilakukan akan menciptakan piutang kepada seorang peminjam. Untuk pelunasan pinjaman tersebut juga akan dilaporkan sebagai kegiatan investasi yang terjadi pada laporan cash flow
Aktivitas pendanaan
Aktivitas pendanaa yaitu meliputi kegiatan dalam mendapatkan kas dari seorang investor dan seorang kreditor yang akan diperlukan dalam menjalankan serta melanjutkan kegiatan yang ada pada perusahaan. Kegiatan pendanaan yang ada mencakup dari pengeluaran saham, peminjaman uang yang dilakukan dengan cara mengeluarkan wesel bayar serta pinjaman obligasi, penjualan dari saham perbendaharaan selanjutnya merupakan pembayaran terhadap si pemegang saham seperti dividend an pembelian saham yang dilakukan perbendaharaan. Pembayaran terhadap seorang kreditor hanya mencakup pembayaran yang terdiri dari pokok pinjaman dana tersebut.

Comments

Popular Posts